JAYAPANGUS WEB

JAYAPANGUS merupakan media komunikasi muda Hindu. diterbitakn sejak akhir januari 2006 oleh KMHD ISI Yogyakarta. hubungi kami di: E-mail: red_jayapangus@yahoo.co.id phone :08175495575

Sunday, August 20, 2006

Lakukan Sesuatu Untuk Kaum Dan Agama-mu

“Emansipasi”, kata ini begitu lekat dengan individu yang kita sebut wanita., mendengar kata tersebut akan terbesit sesuatu hal tentang kesetaraan gender. Wanita sebagai kaum feminisme yang selalu dianggap lemah, dari waktu kewaktu menginginkan sebuah kesetaraan gender di berbagai aspek baik itu politik, sosial maupun pekerjaan. Kesetaraan yang didamba-dambakan oleh kaum wanita ini tidak akan dapat terwujud selama kaum wanita tersebut hanya pasrah dan berdiam diri dengan keadaan yang dia dapatkan. Diskriminasi yang selalu dilakukan terhadap kaum wanita membuat kaum wanita lebih terbelakang dan mendapat hak-hak yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan kaum laki-laki. Sungguh ini dirasakan sangat tidak adil bagi kaum wanita. Kalaupun memang benar pada kenyataan wanita dan laki-laki terlahir dengan kodrat yang berbeda, dimana seorang wanita dengan tugas utamanya menjaga rumah, memelihara dan menjaga anak sedangkan laki-laki sebagai sosok yang kuat, kokoh dan perkasa bekerja untuk menafkahi keluarga tetapi tetap saja antara laki-laki dan perempuan tidak boleh ada hubungan subordinasi karena wanita dan laki-laki terlahir di dunia ini dengan harkat dan martabat yang sama di mata Tuhan.
Berbagai usaha dan pergerakan telah dilakukan oleh tokoh-tokoh wanita yang berjuang untuk memperjuangkan hak-hak kaum wanita seperti halnya RA.Kartini, Indira Gandhi, LK.Suryani. lalu bagaimana dengan para penerusnya, apakah kita sebagai generasi muda Hindu yang terlahir di dunia ini dengan jenis kelamin wanita akan menghentikan perjuangan mereka yang rela berjuang mati-matian demi sebuah pembebasan diri dari ketidakadilan, ketidakmampuan, penindasan-penindasan atau eksploitasi terhadap kaumnya dan demi sebuah kesetaraan gender yang didamba-dambakan
Emansipasi wanita yang sedari dulu telah didengung-dengungkan oleh para aktivis gender jangan sampai membuat mata kita tertutup untuk berdiam diri dan berpangku tangan dan menyerahkan sepenuhnya masa depan kita di tangan para aktivis tersebut, karena belum tentu apa yang menjadi kepentingan kita selaku wanita Hindu akan tersalurkan melalui mereka. Sebagai wanita Hindu yang memimpikan dan menginginkan sebuah kesetaraan dalam mengecam hak-hak yang seharusnya kita nikmati, dapat kita lakukan dengan menunjukkan eksistensi dan keberadaan kita sebagai wanita Hindu. Apalagi di Hindu pun kita selaku wanita memiliki kedudukan yang mulia, karena wanita adalah sebuah cahaya yang dapat menyinari keluarga, dalam Veda pun telah mengatur tentang keutamaan dan pentingnya peran wanita dalam sebuah keluarga.
Untuk menunjukkan keberadaan kita sebagai wanita Hindu yang memiliki loyalitas yang tinggi terhadap usaha pencapaian kesetaraan gender di mata masyarakat dapat kita lakukan dengan cara memberikan sebuah kontribusi minimal bagi Agama kita sendiri, dalam hal ini harus dipikirkan tentang apa yang bisa kita berikan dan kita lakukan untuk dapat memajukan Agama Hindu. Sebenarnya sangat banyak hal yang dapat kita lakukan demi memajukan Agama Hindu, mulai dari memahami ajaran Veda secara lebih mendalam dan tidak setengah-setengah, dimana kemudian akan kita aplikasikan pada diri kita sendiri , keluarga, masyarakat, bangsa dan Negara yang nantinya akan menjadi swadharma kita sebagai seorang wanita, sekaligus nantinya akan menjadi ibu dan merupakan bagian dari masyarakat. Sehingga pada akhirnya diharapkan dengan modernisasi positif berasaskan Veda yang diterapkan oleh Wanita Hindu, derajat dan kedudukan wanita Hindu akan semakin terangkat dan tidak dipandang sebelah mata oleh masyarakat. "SEMOGA"



Oleh: Putu Indira(FH-UGM)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home