JAYAPANGUS WEB

JAYAPANGUS merupakan media komunikasi muda Hindu. diterbitakn sejak akhir januari 2006 oleh KMHD ISI Yogyakarta. hubungi kami di: E-mail: red_jayapangus@yahoo.co.id phone :08175495575

Friday, October 06, 2006

MASUK KMHD? Penting Ngak sich?


Capek, harus pintar-pintar membagi waktu, ikut berbagai rapat dan kegiatan adalah resiko yang harus dijalani oleh mereka yang aktif di kegiatan organisasi mahasiswa seperti KMHD. Bagaimana tidak, jadwal kuliah yang sudah padat terutama bagi mahasiswa baru harus ditambah dengan berbagai kegiatan di KMHD, apalagi sebagai anggota baru di KMHD , biasanya banyak yang harus dipelajari sebagai salah satu bagian dari proses adaptasi dengan lingkungan baru. Berhadapan dengan bermacam kepala serta pemikiran tentu membutuhkan penyesuaian diri yang agak ekstra.
Namun sebagai umat Hindu yang percaya dengan hukum karma pala tentu kita akan berfikir bahwa setiap usaha yang dilakunan pasti akan membuahkan hasil. Baik atau buruk hasil yang kita terima tentulah tergantung dari seberapa kerja keras kita lakukan.
Beberapa teman yang dulu aktif di KMHD kami mintai pendapat tentang apa manfaat aktif di KMHD. Sebagian besar menjawab sangat banyak manfaat aktif di KMHD. Seperti halnya Ayu Malini (Cung) mantan pengurus MAHATMA mengatakan “ Yang paling penting dirasakan saat sekarang kerja di Bank Danamon adalah bagaimana kita bisa kerja dalam satu team (team work), kalau dulu kita aktif di KMHD kita akan terbiasa berkerja dengan banyak orang, bagaimana kita memahami orang lain , saling menghargai, dan bisa ngerti posisi orang lain”. Ade mantan anggota Swatika Taruna (SADAR) juga berpendapat senada:“ meskipun lingkupnya kecil namun KMHD bisa menjadi tempat menempa diri untuk bisa menerima perbedaan dan bekerjasama dalam satu team”. Sementara Santi mantan anggota KMHD UGM yang kini bekerja di KONI Tabanan menuturkan: “banyak mendapat pelajaran berharga setelah ikut di KMHD, tehnik berbicara kepada atasan , membuat perencanaan kegiatan, mengutarakan pendapat dalam rapat resmi dikantor yang aku kuasai saat ini merupakan sebagian pelajaran berharga yang didapat saat aktif di KMHD dulu”.
Tapi bukan hanya masalah kemampuan berorganisasi saja yang didapat jika kita aktif di KMHD, kita akan banyak mempunyai teman dan ini sangat penting baik ketika kita kuliah maupun nanti setelah kita lulus. Mendapat pasangan (baca: pacar) saat aktif di KMHD bukan lagi cerita baru, hal serupa juga dialami Yudia Kavia mantan ketua KMHD STIE YKPN. Kalau dicari akan banyak sekali cerita cinta lokasi yang dialami oleh teman-teman kita.
Lalu apa manfaatnya bagi bidang spiritual? Banyak hal yang bisa kita dapatkan.Tirta Yatra bersama, Dharma Shanti, Dharma Tula atau diskusi tentang agama sering dilakukan KMHD baik dalam lingkup KMHD masing-masing kampus maupun antar KMHD. Pengembangan seni budaya juga bisa semakin dipupuk, kegiatan pembuatan ogoh-ogoh, lomba penjor, lomba gebogan, lomba lagu rohani, Dhama Gita bisa diikuti.
Namun hal penting yang tidak boleh ditinggalkan adalah memupuk rasa persaudaran dan kekeluargaan . Bapak Ida Bagus Pudja yang ditemui disela-sela acara Laksana Widya Basya mengatakan pada awalnya KMHD dibentuk untuk membina rasa senasib sepenanggungan karena mahasiswa yang kuliah di Jogja sebagian besar kost dan tanpa keluarga sehinga jika terjadi apa-apa yang pertama dicari adalah teman terdekat (kost atau KMHD). Pendampingan kepada mahasiswa baru juga merupakan tujuan awal dibentuknya KMHD. Mahasiswa baru yang belum mengetahui seluk beluk Jogja selayaknya mendapat pendampingan oleh anggota KMHD yang lebih senior sehingga mahasiswa baru tidak sampai mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.
Kedepan acara-acara yang bersifat spiritual dan pengembangan pemahaman tentang agama Hindu harus semakin ditingkatkan. Sehingga pendapat sebagian pihak yang mengatakan bahwa KMHD hanya sekedar ajang kumpul-kumpul dan berfoya-foya bisa ditepis. KMHD hendaknya juga mulai membenahi diri, mulai dengan pendataan anggota sampai membuat program kerja yang jelas dan bermanfaat bagi kemajuan Umat Hindu pada umumnya dan anggota KMHD itu sendiri pada khususnya.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home