JAYAPANGUS WEB

JAYAPANGUS merupakan media komunikasi muda Hindu. diterbitakn sejak akhir januari 2006 oleh KMHD ISI Yogyakarta. hubungi kami di: E-mail: red_jayapangus@yahoo.co.id phone :08175495575

Sunday, September 10, 2006

1 TH REBORN Pesantian Tunas Mekar Jagadnata


Memperingati ulang tahun pertama Pesantian Tunas Mekar Paguyuban Muda-mudi Hindu Dharma (PMHD) Jagadnata yang jatuh ada tanggal 3 Juli 2006 , diadakan berbagai kegiatan yang mengambil Tema: 1th Reborn Pesantian Tunas Mekar Jagadnata. “Reborn” atau lahir kembali karena dulu kegiatan pesantian pernah diadakan dengan nama Pesantian Tunas Jagadnata. Pesantian ini telah melahirkan muda-mudi Banguntapan generasi sekarang, namun karena satu dan lain hal, pesantian terhenti beberapa tahun mingga muncul Pesantian Tunas Mekar Jagadnata.
Kegiatan yang direncanakan berlangsung pada awal Juli terpaksa sedikit tertunda karena bencana Gempa 27 Mei lalu. Dengan dana seadanya maka pada tanggal 12 Juli 2006 terwujudlah rencana mengadakan perlombaan. Dengan diikuti oleh sekitar 26 peserta, perlombaan ini berlangsung cukup meriah. Lomba yang diadakan atara lain: menggambar & mewarnai, Tri Sandya, Lomba Puzzle dan Lomba Scribal. Setelah perlombaan tersebut selesai, dilanjutkan dengan lomba berkelompok. Terdapat 4 kelompok yang diharuskan untuk mengerjakan soal-soal terkait dengan agama Hindu di tiap Pos. Pada pos terakhir mereka diminta untuk menunjukan kekompakan mereka dalam bernyanyi (kekidungan dan lagu rohani anak-anak). Dari lomba berkelompok ini diambil 1 juara umum dan juara kelompok terkompak.
Perlombaan yang digelar ini didukung oleh beberapa juri yang berkompeten dibidangnya. Seperti lomba Tri Sandya dipercayakan kepada bapak Wasi, Pembina PMHD dan juga penyuluh Agama Hindu. Lomba menggambar dan mewarnai dipercayakan kepada salah satu anggota PMHD didampingi Perwakilan dari Mahasiswa ISI. Sedangkan dalam lomba berkelompok pos menyanyi dipercayakan kepada perwakilan Paguyuban Ibu-ibu yang sudah lama berkecimpung dibidang kekidungan ditambah salah satu anggota PMHD yang tentunya berkompeten dibidang musik/nyanyi. Pada tanggal 16 Juli 2006 diadakan acara puncak perayaan dengan pemotongan tumpeng serta penyerahan hadiah kepada para pemenang dan hadiah-hadiah kepada semua anak yang datang. Namun karena terbatasnya dana maka piala hanya diberikan kepada juara 1. Acara ini dimeriahkan oleh Suara Jagadnata dan juga paduan suara anak-anak Pesantian Tunas Mekar Jagadnata serta diakhir acara diadakan kuis dan full hadiah.
Keceriaan anak-anak yang tampak diwajah mereka membuat panitia dan orang tua merasa puas karena keceriaan itulah yang menjadi tujuan acara ini. Semoga ditahun mendatang kecerian tersebut semakin terpancar.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home