JAYAPANGUS WEB

JAYAPANGUS merupakan media komunikasi muda Hindu. diterbitakn sejak akhir januari 2006 oleh KMHD ISI Yogyakarta. hubungi kami di: E-mail: red_jayapangus@yahoo.co.id phone :08175495575

Friday, September 08, 2006

Pesraman/Sekolah Minggu

Minggu pagi, bagi adik-adik kita yang beragama Hindu dan masih bersekolah dari SD-SMA merupakan hari untuk belajar agama dan bertemu teman-teman sesama umat Hindu dalam Pesraman (sekolah Minggu).

Pesraman ini dibuat dengan tujuan memberikan pendidikan agama Hindu mengingat tidak semua siswa mendapatkan pendidikan Agama Hindu di sekolahnya , apalagi di sekolah swasta atau yayasan agama lain. Selain itu melalui pesraman ini diharapkan anak-anak dan orang tua siswa bisa saling mengenal satu sama lainya. Di Jogja dan sekitarnya tercatat ada beperapa Pesraman, antara lain :

Pesraman Widya Dharma di Banguntapan merupakan pesraman teraktif . Pesraman ini memiliki siswa sekitar70 orang . Karena keketerbatasan Ruang, terpaksa dilakukan penggabungan kelas, kelas I-II ,kelas III-IV, kelas V-VI, kelas SMP dan Kelas SMA.

Lain lagi dengan Eka Dharma Kasian Bantul, jumlah siswa ketika kami kunjungi sekitar 9 orang. Karenanya siswa SD-SMA digabung jadi satu sehingga materi yang sampaikan lebih umum agar bisa diterima semua siswa, pesraman yang telah berdiri 2 tahun ini tetep berjalan meski saat ini di Pura tersebut dalam proses pembanguna pendopo dan Kori Agung.

Sementara ketika berkunjung ke Pesraman Saraswati di Pura Widya Dharma Dero Sleman, tidak terlihat aktifitas pesraman, memang saat itu sedang diadakan perbaikan pura pasca gempa. Menurut salah satu warga, pesraman sebenarnya masih ada namun memang tidak setiap minggu digelar.

Sementara di Pura Sri Gading Seyegan dilaporkan jumlah murid di Pesraman Sri Gading berjumlah 9 orang, pesraman ini memang baru dan masih mencari format pengajaran yang kira-kira disukai anak-anak.

Karena keterbatasan halaman di JAYAPANGUS maka kondisi masing masing pesraman tidak bisa kami muat secara lengkap, jika ingin mengetahui lebih jelas tentang kondisinya, mengapa tidak datang langsung setiap minggu Pagi ?. Acara biasanya berlangsung dari jam 08.00-09.30 WIB. Dari pada bingung harus ngapain minggu pagi, lebih baik ikut bantu-bantu di Pesraman.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home