JAYAPANGUS WEB

JAYAPANGUS merupakan media komunikasi muda Hindu. diterbitakn sejak akhir januari 2006 oleh KMHD ISI Yogyakarta. hubungi kami di: E-mail: red_jayapangus@yahoo.co.id phone :08175495575

Thursday, November 02, 2006

Menunggu Bangkitnya Siswa Hindu


Bangkitnya generasi Hindu harus dilandasi dengan kesadaran yang kuat. Kesadaran untuk bersatu dan menjaga keutuhan umat Hindu sendiri. Seperti yang telah disebutkan pada edisi JP sebelumnya, sudah banyak UKM atau KMHD yang berdiri di berbagai perguruan tinggi di kota tercinta kita ini. Perkumpulan ini tentu bertujuan untuk mempererat kekeluargaan di antara mahasiswa Hindu, karena kita tahu Hindu di Indonesia termasuk agama minoritas.
Keinginan dan kesadaran akan pentingnya persatuan tersebut, dirasakan juga oleh murid-murid Hindu yang duduk di bangku SMA. Terlebih setelah diadakannya Laksana Widya Bhasya, 23-25 September yang lalu. Kami merasa sangat senang saat berlangsungnya acara selama 3 hari tersebut. Perasaan bangga pun muncul dalam benak kami. “Oo… ternyata anak-anak Hindu banyak juga ya.”
Munculnya perasaan tersebut membuat kami berkeinginan untuk mempertemukan kembali teman-teman yang kemarin ikut acara tersebut. Tetapi tidak sekedar berkumpul begitu saja, kami ingin dibentuknya sebuah wadah atau perkumpulan, seperti UKM atau KMHD. Mungkin dengan terbentuknya perkumpulan tersebut, kami dapat mengadakan pertemuan dengan rutin dan diisi dengan hal-hal yang berguna yang jarang kita temukan dalam pembelajaran di sekolah. Contohnya saja Ms.X, ia ingin terbentuknya perkumpulan tersebut karena ingin ada pembelajaran seperti mejejaitan atau sekedar bisa membuat canang. Karena ini perlu sekali untuk ke depannya.
Beberapa minggu yang lalu kami berusaha untuk mengumpulkan murid-murid SMA untuk membicarakan rencana akan dibentuknya suatu forum dan rencana rekreasi, sambil mengisi waktu libur Lebaran. Tapi jauh dari yang diharapkan, yang datang hanya sedikit. Itupun kebanyakan berasal dari anak-anak Bhisma (nama kelompok saat LWB) dan pendampingnya. Padahal kami sudah menginformasikannya ke tiap-tiap personil. Entah apa yang mendasari sehingga banyak yang tidak datang. Akhirnya, dengan jumlah yang sedikit itu, kami merencanakan pada saat liburan Lebaran kami akan rekreasi ke gardu pandang Kaliurang.
Kamis 19 Oktober pukul 09.30, setelah menunggu cukup lama, akhirnya kami berangkat ke Kaliurang dengan hanya 7 orang, termasuk pandamping Bhisma. Benar-benar jauh dari harapan . Meskipun kami telah memberi tahu kepada teman-teman jauh hari sebelumya, walau mungkin sekedar via telepon atau SMS. Yah alasan klisepun terlontar “Sibuk”, dan kami masih bisa memakluminya. Tetapi ada juga yang menyeletuk, “Emang disana mo ngapain sih? Pasti garing.. Enakan tidur di rumah”. Mungkin itu seklumit alasan orang-orang yang belum sadar. Menurut kami, segaring apapun acara tersebut akan terasa asik kalau kita benar-benar niatkan untuk berkumpul dengan sesama, lagipula kan jarang banget bisa ketemunya.
Dengan hanya 7 orang itu, kami tidak merasa garing atau boring. Kami merasa enjoy saja. Kan lumayan refreshing, daripada mendekam di rumah. Tapi sepulang dari sana, perasaan kecewa baru muncul. Sampai kapan kita nunggu terbentuknya forum SMA??? Bisa jadi, forum tidak akan pernah terbentuk, karena mereka belum sadar-sadar juga. Yah mungkin forum tidak akan pernah ada dan kami hanya bisa menunggu sampai saatnya kami menjadi mahasiswa dan menjadi anggota KMHD.
Harapan besar terbentuknya forum SMA masih kami jaga, semoga dengan bimbingan dari kakak-kakak mahasiswa dan pihak lainnya, rencana ini akan terwujud. Dan mudah-mudahan kami semua disadarkan, betapa asyiknya memiliki suatu perkumpulan. “Bisa ketemu sama temen-temen Hindu….”
AYO SADAR DAN BANGKIT!!!!!

Awie_EigHterz