JAYAPANGUS WEB

JAYAPANGUS merupakan media komunikasi muda Hindu. diterbitakn sejak akhir januari 2006 oleh KMHD ISI Yogyakarta. hubungi kami di: E-mail: red_jayapangus@yahoo.co.id phone :08175495575

Monday, March 19, 2007

Berhenti Mencari Tuhan


Dalam tulisan ini saya ingin menceritakan pengalaman saya bertemu dengan seorang hindu asal Rusia. saya bertemu dengan dia beberapa waktu lalu di Bali dan sekarang dia tinggal di Bali mungkin untuk waktu yang lama. Dia sudah dua kali ke India, dan di asram tempatnya dulu tinggal selama di India di dominasi oleh orang-orang Rusia. Hindu adalah agama pilihannya sendiri setelah sekian lama bingung dengan teka-teki hidup dan teka-teki alam semesta. Dia menganggap Hindu adalah agama yang paling rasional dan tidk ada Doktrin pemaksaan hanya ada satu jalan menuju pada-Nya.
Saya bertanya ke dia “apakah benar orang Rusia itu atheis ? nggak percaya Tuhan ?” dan dia jawab Ya,,itu dulu tapi tidak sekarang, jawabnya serius. trus saya nanya lagi dengan gaya yang nyantai “ kog bisa gitu bro”? dengan sedikit tegas dia bilang “Karena mereka mencari Tuhan”!! Saya tambah bingung dengan jawabannya dan minta dijelaskan. Dia menjelaskan kepada saya dengan contoh yang nyata,tapi menurut saya ini contoh yang lucu. Dia bilang kalau pesawat ulang alik milik Rusia yang kebulan (SPUTNIK) misi uatamanya adalah mencari Tuhan. Tapi mereka tidak menemukan Tuhan disana, tidak ada Tuhan dilangit, tidak ada Tuhan di bulan, tidak ada Tuhan diluar angkasa, tidak ada Tuhan di atas sana. Hal inilah yang menyebabkan pemerintah Rusia waktu itu melarang warganya untuk beragama, karena Tuhan hanya dianggap hayalan dan takhayul. Akhirnya selama bertahun-tahun lamanya penduduk Rusia tidak percaya pada Tuhan, dan saya tidak bisa membayangkan kehidupan ini. Mereka berusaha mencari Tuhan dengan tehnologi super canggih pada masa itu, tapi mereka tidak menemuykannya, Lucu Bukan ???
Lalu kenapa kita harus berhenti mencari Tuhan ? Ya, kita harus berhenti mencari Tuhan, entah keluar ataupun kedalam diri karena ini akan sia-sia. Tuhan tidak pernah hilang dan selalu ada kenapa harus dicari, kenapa kita mencari Dia Yang Maha Ada. Jawaban yang bagus sekali dari seorang yang berasal dari negara yang dulunya atheis. Saya hanya menganga dengerin penjelasannya. sering saya bingung dengan apa yang dia bilang, maklum bahasa inggris yang sangat pas-pasan modal cuma nekat doang untuk bertanya.
Ya, ..benar sekali, kenapa kita mencari Dia Yang Maha Ada, ada dimana-mana, kenapa kita mencarinya seolah-olah Tuhan pernah hilang. Tidak, kita tidak perlu mencarinya. Kita hanya perluy menyadari-Nya, itulah kata kuncinya. Sadar, elintg, atau conscious...ya, kita hanya perlu menyadari-Nya. Mungkin inilah yang melatar belakangi munculnya nama “ Kesadaran Krishna” atau “Krishna Consciousness” kenapa bukan mencari Krishna ? ya, karena Dia tidak pernah hilang dan selalu ada, tidak ada ruang kosong bagi-Nya, seluruh alam sesta dipenuhi oleh-Nya. Sebab itu, orang juga menyebut Tuhan, Dia Yang Maha Besar.
Setiap orang tahu bahwa Tuhan itu ada, tapi juga sering lupa bahwa Tuhan itu ada. maksudnya begini ; dikiranya Tuahan hanya ada di satu tempat saja, mungkin dipura atau di surga saja. Hal inilah yang membuat kita hanya baik di tempat-tempat yang dikiranya Tuhan hanya ada disitu tapi setelah keluar dari tempat itu, pikiran, perkataan dan perbuatan busuik masuk lagi kedalam kehidupan kita. Inilah naifnya kita, ketika kita bilang Tuhan Maha Hebat dan Dia bisa apa saja, lalu kita bilang “masa sih”? kenapa kita meragukan Tuhan, atau ketika kita menyatakan bahwa segala sesuatu di alam semesta ini adalah milik Tuhan. kita juga masih mengingkarinya. Bila ada orang bertanya “apakah namamu milik Tuhan”? mungkin akan ada yang menjawab “tidak” dan mengatakan bahwa nama Tuhan Hanya Hyang Widhi saja, Allah Saja, atau Krishna saja..terlalu naif kita dan selalu ingkar, dan mengkotak-kotakkan diri hanya karena masalah nama.
Karena Tuhan ada Dimana-mana dan Maha Ada dan juga tidak pernah hilang , So...Control and watch Your WATCH,,,maksudnya apa sih ??
Word : kontrol dan jaga Kata-kata untuk selalu baik
Action : kontrol dan jaga Perbuatan untuk selalu baik
Tought : kontrol dan jaga Pikiran untuk selalu baik
Carakter : kontrol dan jaga Carakter untuk selalu baik
Heart : kontrol dan jaga Hati untuk selalu baik.

Control and Watch your WATCH, supaya tetap bersih dan murni.
“Aku berada dimana-mana di seluruh alam semesta ini dalam bentuk-Ku yang tidak terwujud. Semua mahluk hidup berada didalam diri-Ku, tetapi Aku tidak berada didalam mereka” (Bhagavad Gita IX.4)
Apa maksud sloka ini ?? di satu sisi Tuhan mengatakan “Aku tidak berada didalam mereka” dan di sloka lain “Aku bersemayam dalam hati setiap mahluk”, membingungkan bukan ?? Itulah hebatnya Tuhan, dan sangat rumit untuk dimengerti oleh akal manusia yang terbatas..
Tulisan :d_gstpa